Cara Beli Tanah Kavling Aman

Tanah kavling umumnya berada di perumahan. Biasanya developer menyediakan opsi bagi pembeli untuk beli tanah sesuai dengan luas rumah yang ingin dibangun. Beberapa pembeli langsung membangun rumah di atas tanah tersebut, namun ada juga yang tidak langsung membangun rumah di atasnya karena berniat menginvestasikan tanah.

  • Pemeriksaan sertifikat dan dokumen legal tanah serta pengecekan setoran PBB
  • Cek legalitas badan developer 
  • Bayar BPHTB (untuk pembeli) serta penandatanganan akta jual beli rumah (AJB)
  • Proses balik nama di kantor pertanahan

Tahapan di atas adalah tahapan penting dalam jual beli tanah yang aman dan legal. Untuk itu, sebaiknya dalam proses jual beli Anda memastikan dengan detail semua tahapan terlewati dengan baik dan tidak ada dokumen yang bermasalah. Penting juga untuk mengecek bahwa tanah tidak memiliki riwayat maupun resiko sengketa kedepannya. 

 Keuntungan Investasi Tanah Kavling

a. Capital gain 

Capital gain adalah keuntungan atau laba yang diperoleh dari investasi. Tanah merupakan salah satu investasi yang memiliki laba umumnya sekitar 20-25% per tahun dan tentunya berbeda-beda tergantung lokasi dan harga pasaran tanah di wilayah tersebut. Namun untuk mendapatkan imbal yang besar sebaiknya Anda tidak menjual kembali tanah dalam jangka waktu singkat. Setidaknya tunggu hingga kenaikan harga tanah signifikan agar keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar.

b. Investasi tanah jauh lebih terjangkau dibanding jenis properti lain

Investasi properti memang membutuhkan modal yang besar, namun diantara investasi properti jenis lain (misal: rumah / ruko / apartemen) harga tanah relatif jauh lebih terjangkau. Untuk itu, jika Anda berniat investasi di bidang properti sebaiknya pertimbangkan investasi tanah sebagai pilihan. Jika modal yang dimiliki terbatas, Anda bisa mempertimbangkan opsi kredit pemilikan tanah.

c. Minim biaya perawatan 

Sudah dapat dipastikan jika investasi tanah memiliki biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan biaya perawatan rumah / apartemen / ruko. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu membayar biaya listrik, air atau biaya renovasi rumah, dll. 

Demikian penjelasan singkat mengenai Cara Beli Tanah Kavling Aman yang bisa dijadikan refrensi. Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar properti ?

Yuk, ngobrol di Akademi Developer Propert, Semoga bermanfaat .

Artikel Lainnya